Tugas 9 - Desain Arsitektur Aplikasi

Tugas 9 - Desain Arsitektur Aplikasi

Secara sederhana, arsitektur aplikasi adalah rancangan desain menyeluruh dari sebuah sistem aplikasi beserta infrastruktur pendukungnya untuk dapat melayani kebutuhan bisnis atau pendukung bisnis yang disematkan pada aplikasi tersebut. Arsitektur sebuah sistem aplikasi juga mendefinisikan komponen-komponen utama yang digunakan, interaksi antarkomponen, hingga interaksi dengan aplikasi lain dan third party (pihak eksternal yang bekerjasama) jika dibutuhkan.

Seperti yang telah disebutkan, dalam pengembangan aplikasi, arsitektur aplikasi berperan sebagai blueprint suatu sistem aplikasi. Blueprint ini menjadi landasan dalam pembuatan seluruh kebijakan desain aplikasi yang meliputi penetapan tujuan, penyusunan strategi, pemberian tugas, hingga implementasinya oleh setiap unit di lingkungan kerja.

Study Case : Identifikasi desain aplikasi MyITS Portal


Desain Arsitektur yang digunakan oleh MyITS Portal adalah Client-Server Architecture. Arsitektur client-server adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan sistem server dan client agar dapat menjalin komunikasi melalui jaringan. Server berperan sebagai penyedia resource dan data sesuai permintaan dari client dan client mengakses dan menggunakan layanan tersebut. Pada study case client yang mengirimkan permintaan adalah civitas akademik ITS.

Keuntungan penggunaan arsitektur Client-Server oleh MyITS Portal:

  • Menyimpan big data, melalui arsitektur ini client dapat menyimpan dan mengakses database yang sangat besar.
  • Menaikkan kinerja, dengan konsep client server pengguna dapat meningkatkan kinerja akses data berupa informasi. Kinerja cepat dikarenakan seluruh data disimpan pada satu server yang multitasking.
  • Biaya penggunaan hardware atau perangkat keras menjadi kecil. Penggunaan client server memungkinkan pengguna tidak perlu membeli hard drive untuk menyimpan data.
  • Mengurangi biaya komunikasi antar pengguna.
  • Konsisten, melalui konsep ini database yang diberikan akan meningkatkan konsistensi data. Karena satu data dapat diakses oleh beberapa user secara bersamaan.
  • Server storage, hanya server saja yang membutuhkan penyimpanan besar dengan performa yang sesuai sehingga dapat memberikan kekuatan untuk mengakses data.

MyITS Portal juga menggunakan cloud computing untuk mempermudah pengelolaan infrastruktur dan penyimpanan data. Dengan cloud computing, infrastruktur komputasi server dapat lebih fleksibel dan efisien. Dengan penggunaan cloud computing, MyITS Portal dapat memberikan akses yang lebih cepat, penyimpanan data yang lebih mudah, dan memangkas biaya secara signifikan.

Website MyITS Portal terdiri dari beberapa komponen:



Daftar Pustaka

https://digital.bri.co.id/article/arsitektur-aplikasi-kunci-utama-fondasi-aplikasi-bri-7fns

https://www.binaracademy.com/blog/apa-itu-client-server

https://www.dicoding.com/blog/client-server-adalah/

https://indonesiancloud.com/mengenal-cloud-computing/

https://whatcms.org/?s=portal.its.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS APSI Kelas D

Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

Tugas 7 - Process Modelling