ETS APSI
Contoh : Transaction Processing System membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kwitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. Transaction Processing System juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen.
- Management Information System tidak menggantikan TPS , tetapi mendukung spektrum tugas‐tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. MIS menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data).
Contoh : misal dari satu kota terdapat banyak Alfamart, namun hanya Alfamart pusat yang berada di kota itu yang memiliki MIS tersebut sedangkan alfamart yang lain(cabang) hanya memiliki DSS
- Decision Support System (DSS) merupakan salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan.
Contoh : DSS untuk proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir pada PT. X
- Office Automation System (OAS) ialah penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Contoh : Fax Information Services, mirip voice inf.services, tetapiinformasi yang dikirirm dalam bentuk fax. FIS juga dapatmengunakan komputer.
- Knowledge Work System (KWS) mendukung para pekerja ilmuwan dengan membantu menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikan ke organisasi atau masyarakat.
Contoh : Email dan Teleconferencing
- Expert System (ES) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli.
Contoh : system pakar yang bertindak sebagai asisten penjual di agen komputer yang membantu pelanggan memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhannya.
System Request merupakan sebuah dokumen yang mendeskripsikan
alasan bisnis diperlukannya membangun sebuah sistem, serta nilai yang
diprediksi akan diberikan oleh sistem. Dokumen ini dibuat oleh Project Sponsor.
System Request memiliki 5 elemen
:
- Project Sponsor
CP dari sebuah proyek.
- Kebutuhan bisnis
Merepresentasikan alasan yang mendasari proyek.
- Keperluan bisnis
Mengacu pada kemampuan bisnis yang harus dimiliki oleh sistem.
- Nilai bisnis
Mendeskripsikan manfaat yang akan didapatkan orgaisasi dari sistem.
- Special issues
Merupakan kumpulan dokumen yang berisi semua informasi yang mungkin diperlukan untuk penilaian proyek.
System request kemudian diajukan kepada komite untuk dimintai pertimbangannya.
- Business need : alasan yang mendorong proyek
- Business requirement : apa yang akan dilakukan oleh sistem
- Business value : bagaimana organisasi akan mendapat manfaat dari proyek tersebut
- Pengumpulan data dan informasi: yaitu mengumpulkan informasi serta data yang dibutuhkan dengan lengkap dan akurat. Data tersebut dapat berupa data kuantitatif maupun kualitatif berdasarkan sumber resmi dan terpercaya.
- Pemrosesan data: data yang sudah dikumpulkan tadi selanjutnya diproses secara rinci dan terstruktur.
- Analisis data: setelah data diproses, langkah berikutnya adalah menganalisis data tersebut untuk menilai parameter kelayakan sebuah proyek.
- Pengambilan keputusan: apabila parameter kelayakan proyek sudah ditentukan, maka berikutnya Anda dapat mengambil keputusan mengenai hasil analisis studi tersebut.
- Memberikan rekomendasi: tahapan terakhir dari feasibility study adalah memberikan rekomendasi kepada pihak terkait mengenai studi kelayakan yang sudah dilakukan dan penampungan saran bila dibutuhkan.
Memahami situasi saat ini (as-is system)
Mengidentifikasi perbaikan
Mendefinisikan kebutuhan sistem yang baru (to-be system)
- Memahami permasalahan
- Mengembangkan bisnis proses yang baru/lebih maju yang didukung oleh teknologi sistem informasi.
- Menguji hasil penemuan kebutuhan dan
- Mengubah kebutuhan-kebutuhan tersebut menjadi sebuah konsep pada sistem yang baru.
Deliverable final dari tahap analisis berupa
proposal sistem, yang berisi pernyataan definisi kebutuhan secara detil, use
case, model proses, model data dan perbaikan analisis kelayakan dan rencana
kerja.
Konsentrasi pada apa yang benar-benar harus dicapai pengguna dengan menggunakan sistem supaya memenuhi tugasnya (user requirements). Kebutuhan pengguna (user requirements) menggambarkan tugas-tugas yang dilakukan pengguna secara umum, seperti:
- Membuat jadwal pendaftaran pasien
- Membuat pemesanan pelanggan baru
- Melihat saldo rekening
Selama tahap analisis: perspektif bisnis dan perspektif TI dibutuhkan untuk menentukan kebutuhan. Pendekatan yang paling efektif adalah dimana analis dan orang bisnis bekerja bersama dalam menentukan kebutuhan. Analis harus mempertimbangkan metode terbaik untuk mengumpulkan kebutuhan dari para stakeholder. Proses penentuan kebutuhan terus berlanjut selama tahap analisis dan definisi kebutuhan berkembang dari waktu ke waktu.
- Memahami sistem lama & benar-benar memahami persyaratan sistem baru.
- Mengembangkan sistem yang akan dibuat.
- Menetapkan dan menjaga kesepakatan dengan Kustomer dan stakeholder lain tentang apa yang harus dilakukan oleh Sistem.
- Memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengembang tentang kebutuhan sistem.
- Membuat dasar perencanaan kegiatan & biaya.
- Identifikasi masalah
- Evaluasi dan sintesis
- Pemodelan
- Spesifikasi
- Review
Dalam menemukan Area permasalahan, perlu adanya komunikasi yang intensif dengan user. Hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah menghindari salah interpretasi.
- Collection: Mengumpulkan umpan balik dan kebutuhan dari pelanggan dan tim internal.
- Analysis: Menentukan apakah fitur dan persyaratan yang diusulkan selaras dengan visi perusahaan atau produk.
- Definition: Mendokumentasikan persyaratan dari perspektif pengguna dan merinci persyaratan fungsional atau teknis.
- Prioritization: Merencanakan rilis atau sprint yang akan datang serta fitur dan persyaratan yang akan disertakan.
- Validation and maintenance: Membuat definisi "lengkap" dan merencanakan peningkatan berkelanjutan.
- https://faisalamircs.medium.com/sistem-informasi-tipe-tipe-contoh-dan-stakeholder-5126a8d297f
- https://docplayer.info/122303903-Analisa-perancangan-si-ii-titien-s-sukamto.html
- https://www.aha.io/roadmapping/guide/requirements-management
- http://mohamedelgendy.com/blog/business-needs-vs-requirements.html
- https://draftsbook.com/chapter-5-system-request-on-sdlc/
- https://info.populix.co/articles/feasibility-study-adalah/
Komentar
Posting Komentar