Tugas 7 - Process Modelling

Tugas 7 - Process Modelling

Process modeling adalah representasi grafis dari proses bisnis atau alur kerja. Seperti bagan alir, langkah-langkah individual dari proses dibuat sehingga ada ikhtisar ujung ke ujung dari tugas dalam proses dalam konteks lingkungan bisnis. Process modeling memungkinkan visualisasi proses bisnis sehingga organisasi dapat lebih memahami prosedur bisnis internal mereka sehingga dapat dikelola dan dibuat lebih efisien.

Process modeling merupakan diagram inti dalam analisis dan desain terstruktur. Juga disebut diagram aliran data (DFD), ini menunjukkan aliran informasi melalui suatu sistem. Setiap proses mengubah input menjadi output. Flow line mewakili data yang mengalir di antara node termasuk proses, entitas eksternal, dan penyimpanan data.

Studi kasus : Buatlah process modeling pembayaran belanja di Transmart menggunakan Allo Bank

Context Diagram


Level 0

DFD level tertinggi yang memberikan gambaran keseluruhan sistem. Level ini menunjukkan proses utama, aliran data, dan penyimpanan data dalam sistem, tanpa memberikan detail apa pun tentang cara kerja internal dari proses.


Level 1
Level ini memberikan tampilan sistem yang lebih rinci dengan memecah proses utama yang diidentifikasi dalam DFD level 0 menjadi sub-proses. Setiap sub-proses digambarkan sebagai proses terpisah pada DFD level 1. Aliran data dan penyimpanan data yang terkait dengan setiap sub-proses juga ditampilkan.


Daftar Pustaka

https://www.bizagi.com/en/blog/process-modeling-and-mapping/what-is-process-modeling-6-essential-questions-answered#:~:text=Process%20modeling%20is%20the%20graphical,context%20of%20the%20business%20environment.

https://www.excelsoftware.com/processmodel#:~:text=The%20process%20model%20is%20a,process%20transforms%20inputs%20into%20outputs.

https://www.geeksforgeeks.org/levels-in-data-flow-diagrams-dfd/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS APSI Kelas D

Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek