Tugas 1 - Sistem Informasi

Tugas 1 - Sistem Informasi

Sistem Informasi 

Secara umum pengertian Sistem Informasi adalah suatu yang menyediakan informasi untuk menajemen pengembilan keputusan atau kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi. Sistem informasi juga dapat di artikan sebagai kombinasi dari teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sebuah sistem merupakan piranti penting dan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau instansi resmi. Hal ini karena dengan adanya sistem yang terintegrasi, kinerja suatu perusahaan atau instansi akan lebih terarah dan sistematis. Namun untuk mendapatkan dampak positif dari penggunaan sistem, semua unsur – unsur yang terkait didalamnya harus berkerja sama guna mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Fungsi Sistem Informasi

  1. Mampu menjadi tingkat ketersediaan kualitas dan pengalaman dalam mengelola sebuah sistem informasi secara kritis dan logis.
  2. Mampu meningkatkan produktivitas kerja pada seluruh stakeholders.
  3. Mampu menganalisa dan meminimalisir terjadinya kerugian dari sisi ekonomi.
  4. Memberikan aksesibilitas yang baik kepada pengguna.
  5. Dapat mencapai tujuan perusahaan secara cepat berdasarkan dukungan data yang dapat dipertanggung jawabkan.

Stakeholder

Stakeholder diartikan sebagai seseorang, individu ataupun sekelompok orang yang memiliki ketertarikan pada suatu bidang tertentu yang bisa terdiri dari pekerja teknis dan nonteknis. Menurut Freeman (1984) mendefenisikan stakeholder sebagai kelompok atau individu yang dapat memengaruhi dan atau dipengaruhi oleh suatu pencapaian tujuan tertentu. Sedangkan, Biset (1998) mendefenisikan stekeholder merupakan orang dengan suatu kepentingan atau perhatian pada permasalahan. Jadi Stakeholder Sistem Informasi adalah orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang sudah ada atau yang ditawarkan. Tiap kelompok stakeholder memiliki perspektif yang berbeda pada sistem informasi yang sama. 

Siapa saja usernya
Pekerja informasi adalah stakeholder dalam sistem informasi. Pekerja informasi termasuk orang-orang yang pekerjaannya melibatkan pembuatan, pengumpulan, pemprosesan, distribusi dan penggunaan informasi. Salah satunya adalah user. 
Pengguna System Adalah pelanggan yang akan menggunakan atau terpengaruh sistem informasi pada basis reguler, meng-capture, memvalidasikan, memasukkan, menanggapi, menyimpan, dan bertukar data dan informasi. Ada banyak kelas pengguna sistem. Tiap kelas seharusnya terlibat langsung dalam proyek pengembangan sembarang sistem informasi yang mempengaruhi kelas-kelas tersebut. Pengguna Sistem ada 2, yaitu:

1. Pengguna sistem internal (Internal System User) adalah karyawan-karyawan bisnis, dimana SI dibangun untuk mereka. Para pengguna internal adalah mayoritas pengguna sistem dalam kebanyakan bisnis.
·         Pekerja administrasi dan layanan
·         Staf teknis dan professional
·         Manager
·         Supervisor
·         Manager Menengah
·         Manager Eksekutif
·          
2. Pengguna Sistem Eksternal (Eksternal System User) adalah mayoritas pengguna sistem informasi modern. Pengguna eksternal sering disebut remote user jauh (pengguna yang secara fisik tidak berada di tempat tapi masih membutuhkan akses ke sistem informasi) dan mobile user (pengguna yang lokasinya selalu berubah tapi membutuhkan akses ke sistem informasi dari manapun). 
            ·         Pelanggan
            ·         Pemasok
            ·         Rekan Kerja
            ·         Karyawan

Input

Komponen input adalah data-data yang masuk ke dalam sistem informasi. Komponen input dalam sistem informasi manajemen ini berfungsi sebagai bahan dasar saat mengolah informasi. Input yang masuk ke dalam sistem informasi bisa langsung diolah atau disimpan terlebih dahulu, kemudian digunakan saat dibutuhkan. Input tersebut berupa data yang bisa berasal dari luar organisasi, seperti data saham atau data penjualan. Data tersebut akan dicatat ke dalam dokumen dasar yang merupakan formulir untuk mencatat data sistem informasi.

  1. Kode aset
  2. Nama aset 
  3. Kode akuntansi
  4. Harga perolehan
  5. Nilai residu
  6. Umur
  7. Tanggal penerimaan
  8. Tanggal penggunaan

Output

Jika ada input, maka tentunya ada output. Sama halnya dengan sistem informasi manajemen yang selalu memiliki output. Contoh komponen sistem informasi manajemen dibuat dari data yang tersimpan di basis data. Kemudian, akan diproses menggunakan pendekatan model tertentu.
Output dari Sistem Akuntansi Aset Tetap :
  1. Laporan data aset
  2. Hasil jurnal
  3. Laporan data penyusutan aset

Referensi :
https://bsi.today/pengertian-sistem-informasi/
http://www.kitainformatika.com/2014/04/para-stakeholder-sistem-informasi.html
file:///C:/Users/Hana%20Maheswari/Downloads/294-Article%20Text-627-1-10-20201224.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS APSI Kelas D

Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

Tugas 7 - Process Modelling