Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

 Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

Analisa dan Implementasi dari Seleksi dan Manajemen Proyek yang dilakukan dengan :

Source Proyek :

Judul Proyek :

IMPLEMENTASI SISTEM PEMESANAN PRODUK BERBASIS E-COMMERCE (B2C) PADA TOKO YAJIKHA SOUVENIR PADANG

A. Klasifikasi Proyek

B. Metodologi Proyek

Metode yang digunakan adalah Metode Waterfall merupakan pendekatan SDLC paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Urutan dalam Metode Waterfall bersifat serial yang dimulai dari proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi pada sistem. Metode ini dilakukan dengan pendekatan yang sistematis, mulai dari tahap kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing/verification, dan maintenance. 

1. Requirement Analysis

Diperlukan informasi kebutuhan penggguna terhadap sebuah perangkat lunak. Metode pengumpulan informasi dapat diperoleh dengan cara diskusi, observasi, survei, wawancara, dan sebagainya. Informasi yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisa sehingga didapatkan data yang lengkap mengenai spesifikasi kebutuhan pengguna akan perangkat lunak yang akan dikembangkan.

2. Design

Informasi spesifikasi kebutuhan selanjutnya dianalisa untuk diimplementasikan pada desain pengembangan. Perancangan desain dilakukan dengan tujuan membantu memberikan gambaran lengkap mengenai apa yang harus dikerjakan. Tahap ini juga akan membantu pengembang untuk menyiapkan kebutuhan hardware dalam pembuatan arsitektur sistem perangkat lunak yang akan dibuat secara keseluruhan.

3. Development

Merupakan tahap pemrograman. Pembuatan perangkat lunak dibagi menjadi modul-modul kecil yang akan digabungkan dalam tahap berikutnya. Tahap ini juga dilakukan pengujian dan pemeriksaan terhadap fungsionalitas modul yang sudah dibuat, apakah memenuhi kriteria yang diinginkan atau belum.

4. Testing

Unit yang dikembangkan selanjutnya diintegrasikan dalam sistem secara keseluruhan. Setelah proses integrasi selesai, selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengujian sistem untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya kegagalan dan kesalahan sistem.

5. Maintenance

Pada tahap terakhir perangkat lunak yang sudah jadi dioperasikan pengguna dan dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaan memungkinkan pengembang untuk melakukan perbaikan atas kesalahan yang tidak terdeteksi pada tahap-tahap sebelumnya. Pemeliharaan meliputi perbaikan kesalahan, perbaikan implementasi unit sistem, dan peningkatan dan penyesuaian sistem sesuai dengan kebutuhan.

C. Perencanaan Kerja

D. Perencanaan Tim


1. Strategi Tim

2. Penugasan

3. Kontrak Kerja

4. Standarisasi Kerja Tim

E. Penanggung Jawab

Penanggung jawab pada pembuatan sistem pemesanan e-commerce toko Yajikha Souvenir sepenuhnya dipegang oleh Project manager sehingga tabel penanggung jawab sudah sesuai timeline bagian perencanaan kerja proyek. Diestimasi waktu mulai pada bulan 4 tahun 2023 sehingga proyek dapat dipastikan terealisasi pada akhir tahun dan akan diluncurkan pada awal tahun 2024.

F. Manajemen Resiko

RISIKO 1: Proses pengembangan sistem yang bertepatan dengan hari libur.

Kemungkinan risiko: Risiko sedang


Potensi dampak pada proyek: Akan meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas pemrograman.


Cara untuk mengatasi risiko: Sangat penting untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk menyelesaikan proyek tepat waktu secara efektif dan efisien. Perusahaan dapat mengurangi waktu libur namun tetap menambahkan waktu libur yang dipotong ke hari sesudah proyek.

RISIKO 2: Kegagalan sistem yang menyebabkan kerugian data. 

Kemungkinan risiko: Risiko tinggi

Potensi dampak pada proyek: Akan menyebabkan penundaan jadwal proyek dan dapat meningkatan biaya, serta kehilangan data penting. 

 

Cara untuk mengatasi risiko: Membuat rencana pemulihan/penanganan terkait hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi dan diuji coba dengan baik. Backup data perlu dilakukan secara teratur untuk memastikan bahwa data dapat dipulihkan jika terjadi kehilangan data. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dipilih berdasarkan kualitas serta keunggulannya.


Daftar Pustaka

https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/#:~:text=Metode%20Waterfall%20merupakan%20pendekatan%20SDLC,desain%2C%20dan%20implementasi%20pada%20sistem.

https://faiqwild.wordpress.com/2010/11/03/chapter-4-project-management-2/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS APSI Kelas D

Tugas 7 - Process Modelling