Tugas 8 - Data Modelling

Tugas 8 - Data Modelling

Data modelling adalah salah satu kemampuan yang diperlukan oleh data analyst untuk mengolah suatu data. Data modelling adalah proses menyederhanakan suatu data menjadi informasi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan bisnis. Data modelling akan mengumpulkan data tersebut dan disusun dalam diagram sederhana yang berisikan jenis data, klasifikasi, atribut, serta alur hubungan antar data.

Diagram atau blueprint yang dihasilkan disebut dengan model data atau data model. Selanjutnya model data bisa digunakan untuk membuat database sederhana maupun kompleks, merekayasa ulang suatu aplikasi yang menggunakan software usang (outdated), dan meminimalisir error.

Studi kasus yang digunakan adalah Data Modelling pada aplikasi Netflix.

Ada tiga jenis model data yang dihasilkan selama data modelling, yaitu:

  • Model data konseptual (Conceptual data model): Model data konseptual berisi jenis data, hubungan antar data, serta aturan bisnis. Tujuan utama dari model data ini adalah untuk mengatur, mendefinisikan aturan, dan memahami konsep bisnis.

  • Model data logis (Logical data model): Model data logis berisi struktur data dan detailnya seperti atribut, tipe data, dan hubungan setiap data. Biasanya, model data logis digunakan untuk proyek tertentu karena tujuannya adalah untuk mengembangkan peta teknis aturan dan struktur data.
 

  •  Model data fisik (Physical data model): Model data fisik berfungsi sebagai skema penyimpanan dan pengelolaan data pada sistem manajemen database (Database Management System/DBMS) dan aplikasi. Model data ini ditampilkan sebagai tabel, kolom, indeks, dan elemen DBMS lainnya.
            


Daftar Pustaka

https://revou.co/kosakata/data-modelling

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS APSI Kelas D

Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

Tugas 7 - Process Modelling